Cara Mencegah Gangguan Penyakit Osteoporosis

Cara Mencegah Gangguan Penyakit Osteoporosis Cara Mencegah Gangguan Penyakit Osteoporosis

Informasi – Osteoporosis (biasa disebut keropos tulang) merupakan kondisi di mana tulang seseorang mengalami kelemahan yang sanggup mengakibatkan tulang menjadi pecah atau patah. Nah dengan demikian, mencegah terjadinya osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang merupakan salah satu topik yang perlu untuk dibahas mengingat hal tersebut cukup berbahaya bagi kesehatan badan kita dan semakin banyak kasus osteoporosis terjadi, terutama pada perempuan yang berusia di atas usia 50 tahun.

Kekeroposan tulang yang paling sering terjadi, yaitu pada tulang belakang, pinggul, dan tulang rusuk. Hampir 1 dari 3 perempuan dan 1 dari 6 dari laki-laki, mungkin akan mengalami patah tulang pinggul dalam hidupnya, bahkan 12 sampai 20% kasus tersebut sanggup mengakibatkan kematian. Cukup mengerikan, bukan? Nah untuk melindungi dan memperkuat kepadatan tulang merupakan hal yang penting untuk dilakukan, terutama bagi kaum wanita. Berikut merupakan cara untuk mencegah gangguan osteoporosis yang sanggup kau lakukan.

Langkah-langkah dalam pencegahan terhadap penyakit osteopotosis

1. Penuhi asupan kalsium

Pastikan untuk mengkonsumsi sumber masakan dan minuman yang mengandung kalsium yang tinggi. Sumber kalsium alami yang baik bagi badan ialah asparagus, beberapa jenis kacang-kacangan menyerupai almon, biji-bijian, dan kacang hijau segar. Selain itu, ikan salmon dan sarden juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik bagi tubuh, khususnya untuk kepadatan tulang seseorang yang mengkonsumsinya.

2. Penuhi asupan vitamin D

Vitamin D sanggup merangsang perembesan kalsium dan mengatur kadar fosfor di dalam darah, sehingga hal itu sanggup menjaga kesehatan tulang. Vitamin D sanggup kita dapatkan melalui sinar matahari di pagi hari. Oleh alasannya yakni itu, berjemur di pagi hari untuk mendapat sinar matahari merupakan suatu hal yang baik untuk mendapat asupan vitamin D, sehingga hal tersebut sanggup mengoptimalkan kinerja kalsium dan fosfor dengan derma vitamin D yang mengatur kadar kalsium dan fosfor untuk kesehatan tulang. Dengan demikian, hal itu sanggup mencegah terjadinya gangguan osteoporosis.

3. Hindari asap rokok dan minuman beralkohol

Untuk mencegah osteoporosis, itu artinya kita harus menghindari asap rokok dan minum minuman beralkohol, alasannya yakni kedua hal tersebut sanggup mensugesti kesehatan tulang. Dengan demikian, kedua hal tersebut sanggup meningkatkan resiko osteoporosis.

4. Hindari minuman berkarbonasi (mengandung soda)

Minuman berkarbonasi yakni salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kerusakan tulang. Asam yang terkandung dalam minuman yang berkarbonasi, sanggup menghapus email gigi dan menghabiskan simpanan kalsium dalam tulang. Sehingga dengan mengkonsumsi minuman berkarbonasi, maka hal itu sanggup meningkatkan resiko terkena osteoporosis lebih besar.

5. Olahraga secara rutin dan teratur

Salah satu cara termudah untuk mencegah osteoporosis yakni dengan berolahraga secara teratur. Melakukan olahraga teratur, sangat baik untuk memperkuat tulang. Beberapa jenis olahraga yang sanggup diperhatikan dan dilakukan ialah berjalan kaki, aerobik, yoga dan latihan beban.

6. Konsumsi sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung banyak sekali vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang, menyerupai vitamin K1, kalsium dan boron. Dengan demikian, sayuran berdaun hijau sanggup menjadi pelindung badan dari serangan gangguan penyakit osteoporosis. Beberapa sayuran hijau yang sanggup dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis di antaranya yakni bayam, brokoli dan sawi.

7. Konsumsi teh hijau

Minum teh hijau sanggup mencegah osteoporosis dengan mempertahankan kepadatan tulang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menunjukkan, bahwa perempuan berusia 70 sampai 85 tahun yang mengkonsumsi teh hijau secara teratur, mempunyai kepadatan tulang pinggul yang lebih, daripada perempuan yang tidak meminum teh hijau atau bahkan jarang.

Nah, itulah artikel perihal “Cara Mencegah Gangguan Penyakit Osteoporosis“. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, sanggup menghubungi Admin di sajian yang telah tersedia 🙂 Semoga artikel ini bermanfaat dan sanggup membawa imbas yang baik.

“Gambar dan isi goresan pena di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari banyak sekali sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu mencar ilmu untuk mengambil sisi positifnya ya sob!”

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tips menghindari gangguan osteoporosis pada kesehatan tubuh

Tagged :